Hyundai Siapkan Rp 14,1 Triliun untuk Pabrik Mobil Indonesia

Jakarta – Perusahaan asal Korea Selatan, Hyundai menyatakan minat untuk membangun pabrik mobil listrik di Indonesia. Nilai investasi yang bakal digelontorkan sekitar USD 1 miliar atau sekitar Rp 14,1 triliun (kurs Rp 14.100/dolar AS).

“Dia (Hyundai) bilang USD 1 miliar sekitar itu, angka pastinya dia, belum tahu, karena saya tanya sambil makan juga. Bisa lebih tergantung kapasitas,” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan di kantornya, Senin (14/1/2019).

Luhut mengatakan dirinya telah bertemu dengan petinggi Hyundai. Dia bilang akan bertemu lagi dengan pihak Hyundai dalam waktu dekat.

“Pabrik mobilnya sudah kita bicarakan dengan Hyundai saya sudah ketemu akhir tahun kemarin bulan Desember awal, Seoul. Dan nanti akhir bulan ini, Tim Hyundai, akan datang kemari akan ke sini untuk bicara,” ujarnya.

Pabrik mobil listrik tersebut akan diarahkan ke kawasan industri Bekasi-Karawang-Purwakarta (Bekapur). Dengan adanya mobil listrik, nantinya industri akan terintegrasi dari hulu hingga hilir.

“Jadi nanti Morowali, Wedabe, Kawarang, Bekasi, Purwakarta industri economic zone, ada Patimban, ada Kertajati. Pabrik mobil di sini (Bekapur), lithium baterai di Morowali, nanti di sini dibangun mobil listriknya, lithium baterai diambil Morowali atau Wedabe,” ungkapnya.

Luhut berharap, nantinya mobil-mobil listrik ‘made in Indonesia’ diekspor ke Australia. Apalagi, Indonesia dan Australia akan memiliki perjanjian perdagangan bebas.

“Nanti dari Karawang, Bekasi Purwakarta, karena sudah punya free trade agreement dengan Australia, di mana Australia tidak memiliki pabrik mobil kita akan ekspor Australia. Karena kita sudah free trade agremeent dengan mereka,” terangnya. (fdl/ddn)

Sumber : www.detik.com

Author: DigitalStudio.ID
1

Tinggalkan Balasan

DIAZ

Sales Supervisor

No. Handphone :

No. WhatsApp :

Email :

Pengunjung :




Pengunjung :




Miliki segera mobil hyundai terbaru dan dapatkan harga & promo menarik hari ini.